Senin, 21 Desember 2009

Jack The Ripper.......

Pernah denger kata "Jack The Ripper". Yah mungkin nama itu tidak asing lagi bagi kita, tapi tau g bro ttg histori dari nama itu?? Nh di bawah baca aja..........

Jack the Ripper adalah nama yang telah diberikan kepada seorang pembunuh berantai tak dikenal yang bertanggung jawab atas pembunuhan yang terjadi di wilayah kumuh Whitechapel London pada 1888. "Jack the Ripper" menjadi pembunuh berantai pertama yang dikenal secara internasional. Nama Jack The Ripper berasal dari sebuah surat, tertanggal 25 September, 1888, dan diterima oleh Central News Agency di 27 September, 1888.

Kejadian itu adalah Pembunuhan 11 orang pelacur di daerah Whitechapel 1888-1891, yang dikenal sebagai Pembunuhan Whitechapel. Five of these are commonly identified as the Jack the Ripper murders. Lima dari kasus ini diidentifikasi sebagai ulah Jack the Ripper. Mereka adalah Mary Ann Nichols di Buck's Row, Whitechapel, pada hari Jumat 31 Agustus 1888, Annie Chapman di Belakang Yard pada 29 Hanbury Street, Spitalfields pada hari Sabtu 8 September 1888, Elizabeth Stride di samping halaman di 40 Berner Street, St Georges-in -the-Timur pada hari Minggu 30 September 1888, Catherine Eddowes di Mitre Square, Aldgate, City of London pada hari Minggu 30 September 1888 dan Mary Jane Kelly pada 13 Miller's Court, 26 Dorset Street Spitalfields pada hari Jumat 9 November 1888.


All Jack the Ripper murders took place in a one square mile area of the East End and the City of London surrounding Whitechapel. Semua pembunuhan yang dilakukan Jack the Ripper terjadi di satu area wilayah timur dan Kota London Whitechapel dan sekitarnya. Perburuan Jack the Ripper menimbulkan sensasi dan kepanikan di London. Kasus pembunuhan ini menjadi bahan pembicaraan di seluruh dunia, dan muncul di surat kabar dari Eropa sampai ke Amerika. Bahkan pada awal penerbitan, surat kabar itu menuliskan tentang teori mengenai identitas si pembunuh, termasuk dokter, pembunuh jalanan, pelaut, dan orang gila dari setiap deskripsi.

Arsip dari Kepolisian Inggris :

"Dear Boss" surat tanggal September 25, 1888. Surat ini diterima oleh Kantor Berita Pusat pada 27 September 1888. Surat pernyataan tanggung jawab atas pembunuhan ini ditandatangani oleh "Jack the Ripper." Ini adalah pertama kali nama Jack the Ripper dipakai. Scotland Yard tidak pernah bisa benar-benar membuktikan bahwa surat itu ditulis oleh si pembunuh atau bukan. Beberapa di Scotland Yard percaya itu adalah karya seorang jurnalis yang mencari ketenaran. Surat itu diterima tiga hari sebelum September 30, 1888 Stride dan sebelum pembunuhan Eddowes. Dalam surat penulis menulis, "pekerjaan berikutnya saya lakukan, saya akan memotong telinga wanita tersebut dan akan mengirimnya ke kantor polisi hanya untuk kesenangan semata." Dan ternyata bagian dari telinga kanan Eddowes terputus, beberapa orang percaya bahwa surat itu ditulis oleh si pembunuh.


Sebuah kartu pos dikirim ke Kantor Berita Pusat bertuliskanJack the Ripper. Dalam Kartu pos itu tertulis "Dear Boss"pada tanggal September 25 dan bertuliskan "The "double event" .The "double event" adalah diyakini menjadi acuan untuk 30 September Stride dan pembunuhan Eddowes. Karena dalam kartu pos disebutkan "Dear Boss" yang belum dipublikasikan,jadi surat itu diyakini dari orang yang sama. Dalam pesan pada kartu pos Saucy nama Jack digunakan.



"From Hell" surat yang dikirim ke George Lusk - 16 Oktober 1888. Surat ini, bersama dengan setengah ginjal manusia, diterima oleh George Lusk pada 16 Oktober 1888. Setelah Catherine Eddowes dibunuh, ginjal kirinya diambil. George Lusk adalah Ketua Komite Whitechapel Vigilance, sekelompok warga yang mencari si pembunuh. Publisitas yang dia terima karena perannya menyebabkan dia menerima banyak diteror oleh surat dari sang "Jack the Ripper". Surat ini memiliki tingkat keanehan tertinggi di antara semua surat Jack the Ripper - Pembunuhan Whitechapel



The Macnaghten memo. Memo ini dilaporkan oleh Kepala Polisi Sir Melville Macnaghten yang telah memiliki pengaruh besar atas pengetahuan umum tentang Jack the Ripper. Laporan ini tidak dipublikasikan hingga tahun 1959 dan laporan lengkap tidak disediakan untuk dilihat oleh publik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar